BAB : IMAN

5. Abu Hurairah ra. berkata : Pada suatu hari ketika Nabi saw. duduk bersama sahabat, tiba-tiba datang seorang bertanya : Apakah iman ? Jawab Nabi saw. : Iman ialah percaya pada Allah, dan Malaikat-Nya, perjumpaan dengan Allah, Nabi utusan-Nya dan percaya pada hari bangkit dari kubur. Lalu ditanya : Apakah Islam ? Jawab Nabi saw.: Islam ialah menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, dan mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, dan puasa di bulan Ramadhan. Lalu bertanya : Apakah Ihsan? Jawab Nabi saw.: Ihsan ialah menyembah Allah seakan-akan engkau melihatNya, maka jika engkau tidak melihatNya, ketahuilah bahwa Allah melihatmu. Lalu dia bertanya : Bilakah hari kiamat ? Jawab Nabi saw.: Orang yang ditanya tidak lebih mengetahui dari orang yang bertanya, tetapi aku memberitakan padamu beberapa syarat (tanda-tanda) akan tibanya hari kiamat, yaitu jika budak sahaya telah melahirkan majikannya, dan jika penggembala unta dan ternak lainnya telah berlomba membangun gedung-gedung. Persoalan ini termasuk dalam lima macam perkara yang tidak dapat mengetahuinya kecuali Allah, yang tersebut dalam ayat :
“Sesungguhnya hanya Allah yang mengetahui, bilakah hari kiamat, dan Dia pula yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang di dalam rahim ibu, dan tiada seorangpun yang mengetahui apa yang akan terjadi esok hari, dan tidak seorangpun yang mengetahui dimanakah ia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui sedalam-dalamnya.”

Kemudian pergilah orang itu. Lalu Nabi saw. menyuruh sahabat : Kembalikanlah orang itu! Tetapi sahabat tidak melihat bekas orang itu. Maka Nabi saw. bersabda : Itu Malaikat Jibril datang untuk mengajarkan agama kepada manusia. (Bukhari, Muslim).

Iklan

4 comments

  1. Koreksi, soal Iman hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim berbeda, sedangkan hadis yang di atas matannya dari Muslim bukan Bukhari, syukron

    1. Terimakasih atas koreksinya ya Akhi.
      Semua hadits Bukhari Muslim yang saya tulis di sini bersumber dari kitab Al-Lu’ lu wal Marjan, yang merupakan kumpulan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.
      Kemungkinan bisa saja terjadi ada beberapa hadits yang sama atau yang agak berbeda yang berasal dari matan yang berbeda.
      wallahu’alam

  2. Assalamualaikum… mau sedikit bertanya, Hadis yang tertulis dalam blog ini sudah saya lihat juga dalam kitab Al-Lu’ lu wal Marjan penerbit JABAL, namun sedikit berbeda penulisannya namun maknanya tetap sama.
    contoh :
    Pada suatu hari ketika Nabi saw. duduk bersama sahabat … (tertulis di atas)
    Pada suatu hari ketika Nabi saw. duduk bersama kaum muslimin …(tertulis dalam kitab Al-Lu’ lu wal Marjan penerbit JABAL)
    pertanyaannya, kitab Al-Lu’ lu wal Marjan yang diterbitkan ada berapa dan apakah setiap penerbit akan berbeda penulisannya?
    terima kasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s